Apa saja Penyebab Kanker Serviks?

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh lambat yang berkembang pada lapisan leher rahim, yang merupakan bagian bawah sempit rahim yang menghubungkan rahim ke vagina.

Apakah Penyebab Kanker Serviks? Apakah Kutil HPV Penyebab Kanker Serviks?

Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai prevalensi infeksi HPV terutama kutil pada kemaluan. Mengetahui bahwa beberapa bentuk HPV menyebabkan jenis kanker dan kasus infeksi HPV maka kita harus tahu apakah HPV menyebabkan kanker serviks.

HPV adalah sekelompok,  lebih dari 100 varietas dan beberapa varietas penyeba kutil kelamin dan kutil kulit, beberapa tidak berbahaya, dan beberapa bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius. Penyebab kekhawatiran saat ini adalah bahwa kedua penyakit ini disebabkan oleh Human Papillomavirus.

Karena keduanya disebabkan oleh HPV, maka mungkin kutil dapat menjadi penyebab kanker serviks. Memang benar bahwa semua kutil atau papillomas disebabkan oleh HPV.  Namun, dengan berbagai jenis HPV, telah dipelajari bahwa strain HPV yang menyebabkan kutil berbeda dari salah satu yang menyebabkan kutil kelamin.
Kanker serviks dapat disebabkan oleh infeksi HPV bertahan pada daerah leher rahim. Jika tidak terdeteksi dan diobati ini infeksi HPV dapat menyebabkan kelainan sel di antara sel-sel sekitarnya dan berkembang menjadi kanker. Namun tidak ada bukti ilmiah bahwa infeksi HPV berasal dari kutil biasa atau kutil kelamin.

Adalah aman untuk mengatakan bahwa kutil HPV dalam bentuk apapun tidak mungkin menyebabkan kanker ini. Tapi bentuk lain dari infeksi HPV terutama pada daerah leher rahim dapat menjadi kemungkinan penyebab kanker serviks. Mengacu pada pertanyaan lagi – bisakah HPV menyebabkan kanker serviks kutil? Jawabannya adalah tidak. Tidak ada bukti, belum ada kasus dimana HPV kutil terinfeksi daerah servikal dan berkembang menjadi kanker ini. Ada berbagai jenis HPV dan virus inilah yang menyebabkan kanker serviks dan bukan kutilnya. Tipe yang menyebabkan kutil berbeda dari jenis yang menyebabkan kanker.

Kanker serviks dapat dicegah dengan perubahan faktor-faktor risiko yang terkait dengan penyakit ini. Perubahan ini termasuk:
• Menunda hubungan seksual sampai menikah
• Membatasi jumlah pasangan seksual.
• Hindari kontak seksual dengan pasangan promiscuous.
• Berhenti merokok.
• Makan lebih banyak buah dan sayuran, dan makanan tinggi vitamin dan mineral.
• Berolahraga.
• Menurunkan berat badan jika obesitas.

Perempuan juga dapat menerima Gardasil, vaksin baru yang ditujukan untuk HPV, virus 6,11 16, dan 18, yang semuanya dapat menyebabkan kanker serviks. Vaksin ini mencegah infeksi HPV dan dapat digunakan untuk mengobati infeksi yang ada. Gardasil memerlukan serangkaian tiga suntikan selama enam bulan. Gardasil hanya bekerja pada keempat jenis HPV dan tidak mencegah jenis HPV lain dari menyebabkan kanker serviks, meskipun kejadian ini sangat jarang.